CARA MEMBUAT MEDIA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI
sosial media pada hakikatnya adalah
untuk membentuk suatu jalinan komunitas, maka hal ini tidak disia-siakan oleh
para pelaku bisnis untuk memanfaatkan keberadaan jejaring sosial tersebut dalam
upaya membantu perkembangan bisnisnya, misalnya untuk tujuan menggait konsumen
baru, mempertahankan loyalitas pelanggan lama, sebagai sarana mempromosikan
produk usaha, atau juga bertujuan untuk lebih mendekatkan hubungan konsumen dan
perusahaan dan menggali informasi lebih mendalam tentang keinginan-keinginan
konsumen, atau bahkan ada juga yang memanfaatkan social network tersebut
sebagai salah satu media pelayanan konsumen (customer service).
Apa pun tujuan sebuah
perusahaan dalam menggunakan layanan tersebut, akun media sosial seolah-olah
telah menjadi sebuah keharusan yang wajib dimiliki oleh sebuah
perusahaan/pebisnis agar tidak dikatakan masih ketinggalan zaman. Berikut
adalah beberapa point penting (tips) dalam memanfaakan sosial media untuk
tujuan bisnis:
1. Pilih
sosial media yang akan digunakan
Untuk memilih layanan jejaring sosial mana yang akan digunakan,
sebaiknya sesuaikan dengan sumberdaya perusahaan yang tersedia. Ada banyak
pilihan situs sosial media yang bisa digunakan baik lokal maupun internasional.
Namun, semakin banyak layanan social media yang dimanfaatkan maka akan semakin
memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk mengurusnya. Bayangkan saja saat
bersamaan, setiap akun jejaring sosial yang anda gunakan (misalnya 4 media
sosial) terdapat komentar atau pertanyaan yang masuk, tentu hal ini akan
menyita waktu anda untuk memberikan respon balik, kecuali jika anda telah
memiliki operator khusus yang menangani bidang ini, maka hal tersebut bukanlah
suatu masalah, namun sudah barang tentu ada sejumlah budget yang harus
dianggarkan.
Sedangkan bila anda hanya memilih menggunakan satu layanan
sosial media, tentu ini akan membuat lebih simple dan praktis, namun
kelemahannya adalah membatasi jangkauan komunitas bisnis anda. Jika anda adalah
seorang pengusaha kecil dengan sumber daya terbatas, maka gunakanlah satu atau
dua layanan social network yang komunitasnya paling besar, misalnya yang paling
umum adalah facebook dan twitter.
2. Buat profile sosmed yang lengkap
Setelah
anda memutuskan dalam memilih jejaring sosial yang akan digunakan maka langkah
berikutnya adalah melakukan pendaftaran (sign up) dan membuat profil selengkap
mungkin. Profil yang lengkap akan memastikan para konsumen tidak tertipu dengan
akun-akun palsu yang mungkin mencatut nama anda atau perusahaan anda demi
mendapat keuntungan pribadi. Selain itu, unggah juga bukti-bukti, baik berupa
foto kegiatan, video, atau dokumen lainnya yang membuat akun jejaring sosial
lebih original dan menarik.
3. Jalin dan jaga
jaringan komunitas anda
Langkah berikutnya adalah memulai menggunakan layanan dan
fitur-fitur dari sosial media yang anda gunakan. Untuk memperluas dan menjaga
eksistensi komunitas sosial anda, lakukan prinsip RIO (Responsif, Informatif,
& Opensif). Responsif artinya melayani dengan segala bentuk pertanyaan atau
komentar yang masuk, Informatif berarti selalu mengupload ragam informasi yang
bermanfaat, serta Opensif dimaksudkan terbuka dalam menerima komunitas baru dan
sebaliknya juga gencar menjalin dan memperluas jumlah komunitas.
4. Upayakan terciptanya efesiensi dan efektifitas
Membangun komunitas bisnis untuk mengembangkan usaha dengan
memanfaatkan situs sosial media memang memerlukan pengorbanan waktu dan tenaga.
Dan tak jarang pula, malah keasyikan menggunakan layanan sosial media tersebut
sehingga melupakan tugas pokok membangun bisnis yang besar dan stabil. Hal
tersebut tentu menjadi bertolak belakang dengan tujuan awalnya. Untuk
mendapatkan efektifitas dan efesiensi yang dimaksud, anda bisa memanfaatkan
fitur dashboard (tweetdeck, hootsuite, social oomph, dsb) atau berkomitmen
untuk menggunakan layanan sosial media pada jam-jam tertentu (istirahat atau
setelah jam kantor).
5. Menghindari
kesalahan-kesalahan
Point yang juga sangat penting adalah berusaha untuk
meminimalisir kesalahan-kesalahan yang timbul dalam penggunaan layanan sosial
media tersebut, misalnya: melakukan spamming ke komunitas, terlalu banyak
‘share’ informasi yang tidak berguna, sering mengabaikan komentar/pertanyaan,
memposting status atau komen yang menyerang kompetitor atau jaringan sosial
anda. Jadi lakukan secara bijak agar lebih terkesan profesional. Selain itu,
ketidak efektifan dalam penggunaan media sosial untuk bisnis bisa terjadi
karena kurang tepatnya menyebarkan informasi bisnis yang ingin dibagikan. Hal
ini menyangkut konten promosi yang kurang cocok ataupun waktu share yang tidak
tepat. Nah, berikut ini disajikan tips dan kiat agar pesan promosi produk yang
disampaikan menjadi lebih efektif.
10 Media Online
untuk Melakukan Promosi Bisnis
1. Facebook
Media
sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi
dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa
Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis.
Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para
pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah
memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.
Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan
produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook
cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen
karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah
yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga,
jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang
memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk
membuat konten yang menarik.
2. Twitter
Selain
Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak
digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa
berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu
menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah
dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat
dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.
Beberapa
cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah
dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur,
mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa
buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis
online lainnya.
3. Instagram
Nampaknya
media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online.
Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa
ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses
dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi
paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk
mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih
banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah
salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai
media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi
salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis
Anda.
4. Path
Path
awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah
teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun
ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse
merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan
Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan
Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda
kesempatan memperluas jaringan dan pasar.
5. Kaskus
Media sosial satu
ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus
dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap
sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum
Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan
bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di
media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media
bisnis yang ampuh.
6. Google+
Media
sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online
Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya
mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata
merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai
media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan
Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur
Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit
dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.
7. Market Place
Nah
selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id,
tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu
para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan
aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis
yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai
marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.
8. Blog
Media
satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun
penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan
memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda
mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi
yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari
pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin
menarik lebih banyak pelanggan.
9. Email Marketing
Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media
online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing
dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara
online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi
hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.
10. Youtube
Website
broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang
dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu
website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan,
usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah
merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama
jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui
akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan
dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang
banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama
pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.