5 Etika Komunkasi yang Baik di Sosial Media
Media sosial adalah salah satu bentuk komunikasi digital saat ini. Memang ada ciri-ciri media sosial yang khas yang bisa kita ketahui. Melalui media sosial, banyak orang bisa terhubung dengan mudah. Penyebaran informasi pun relatif lebih cepat dengan adanya media sosial. Ini adalah termasuk jenis metode komunikasi daring. Berikut ini adalah beberapa macam etika yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi di media sosial:
- Selalu perhatikan penggunaan kalimat
Penggunaan kalimat merupakan bagian yang penting saat berkomunikasi menggunakan media sosial. Kalimat-kalimat dengan susunan yang tepat, disertai tanda baca yang tepat juga merupakan salah satu bagian yang penting supaya etika komunikasi bisa dijaga dengan baik. Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang tidak utuh. Kalimat yang tidak utuh bisa memicu timbulnya ambiguitas sehingga bisa menjadi sumber dari kesalahpahaman.
- Berhati-hati saat menggunakan huruf
Menggunakan huruf dengan benar juga menjadi bagian dari etika komunikasi di media sosial. Mudahnya, selalu gunakan huruf yang wajar. Menulis sesuatu di media sosial dengan menggunakan huruf kapital semua bisa memberikan kesan marah, kecewa dan menantang.
Sebaliknya, menggunakan huruf yang cenderung kecil semua akan menandakan seseorang terlalu abai dan tidak serius mengenai informasi yang sedang akan ia bagikan. Oleh karenanya, penggunaan huruf yang sesuai dan wajar bisa menunjang etika yang baik saat berkomunikasi.
- Perhatikan pemilihan warna huruf
Warna huruf juga penting untuk diperhatikan. Beberapa media sosial biasanya memberikan fitur ini untuk menambah keragaman dari jenis tulisan yang akan diberikan seseorang. Menggunakan warna huruf merah dengan tulisan yang tebal bisa memiliki kesan menantang dan marah. Persepsi orang yang berbeda-beda ini menjadi alasan mengapa penulisan huruf dengan warna yang standar menjadi penting.
- Pemilihan simbol dan ikon yang tepat
Dalam media sosial, banyak sekali simbol dan ikon yang seringkali disertakan dalam sebuah informasi atau tulisan. Ada dikenal simbol emoji atau sticker dan lain sebagainya. Manakala akan menggunakan simbol tersebut, pastikan simbol yang digunakan juga tepat.
Menggunakan simbol wajah cemberut pada tulisan juga akan membangun persepsi orang dengan kuat. Oleh karena itu, berhati-hati dalam menggunakan simbol dan ikon adalah penting. Bila perlu, justru hindari menggunakan simbol atau ikon sehingga tulisan dan informasi yang kita buat lebih bersifat netral.
- Menggunakan bahasa yang sesuai
Bahasa yang sesuai di sini adalah menunjukkan bagaimana tata krama kita saat berkomunikasi dengan orang lain. Perhatikan dengan siapa kita berbicara. Jangan sampai keluar bahasa-bahasa yang kurang sopan pada orang tertentu sehingga etika dalam komunikasi ini menjadi hilang. Pastikan ini juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan saat menggunakan media sosial. Ada efek media sosial yang bisa saja tergantung dari hal ini.
15 Teknik Copywriting untuk media sosial
Teknik copywriting bisa Anda terapkan disini. Bagaimana cara membuat headline untuk meningkatkan klik terhadap link yang Anda bagikan di media sosial.
Dengan begitu pengunjung blog pun akan meningkat.
Berikut 15 formula atau teknik copywriting yang dapat Anda modifikasi sesuai kebutuhan untuk meningkatkan klik di media sosial.
1. Before – After – Bridge
Before – kondisi saat ini
After – kondisi masa depan yang diimpikan
Bridge – cara sampai ke kondisi masa depan
Kenaikan gaji tahunan paling sekitar 10%. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan 50 – 100% kenaikan gaji. Ini caranya >> www…
2. Problem – Agitate – Solve
Problem – identifikasi masalahnya
Agitate – goyangkan masalahnya
Solve – pecahkan masalahnya
Gamang menghadapi presentasi? Biarkan hal itu terus terjadi atau mulailah menjadi presenter handal. Temukan caranya di sini >> www…
3. Tunjukkan manfaatnya
Tuliskan manfaat yang akan didapat setelah membaca link Anda.
Panduan yang akan membuat Anda tampil percaya diri dan efektif di hadapan audiens. >> www…
4. 4C – Clear – Concise – Compelling – Credible
Tulis dengan jelas, singkat, temukan sisi menarik yang dapat ditonjolkan, dan kredibel (yang ditulis dapat diwujudkan).
Cara menurunkan berat badan 7 kg dalam 21 hari. Saya telah membuktikannya… >> www…
5. 4U Useful – Urgent – Unique – Ultra-specific
Useful – bermanfaat bagi pembaca
Urgent – mendesak
Unique – unik
Ultra-spesifik – sangat spesifik
Webinar Rabu : Menjawab segala pertanyaan Anda seputar blog, selama apapun waktu yang diperlukan. Tersisa 3 kursi lagi. >> www….
6. Attention – Interest – Desire – Action (AIDA)
Attention – tarik perhatian pembaca
Interest – informasi yang menarik bagi pembaca
Desire – manfaat produk/jasa/ide dan buktinya
Action – minta respon
Segera terbit! Ebook terbaru kami “Powerful Presentation Visual”, cara menampilkan pesan, data, dan gambar secara menarik dan efektif dalam presentasi. Ingin menjadi orang pertama yang memilikinya? >> www…
7. 5 keberatan dasar
– Saya tidak punya cukup waktu
– Saya tidak punya cukup uang
– Itu tidak akan berhasil untukku
– Saya tidak percaya padamu
– Saya tidak memerlukannya
Jika Anda bisa menjawab salah satunya saja, peluang diklik menjadi lebih besar.
Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan presentasi Anda dan melejitkan karir >> www…
8. 3 alasan mengapa
– mengapa Anda yang terbaik?
– mengapa kami bisa percaya Anda?
– mengapa harus membeli sekarang?
Dipakai oleh 80% profesional di bidang …. >>> www…
9. Star – Chain – Hook
Star – karakter, bisa produk, jasa, ide
Chain – serangkaian fakta, alasan, atau manfaat
Hook – call to action
Gampang dipraktekkan, terstruktur, dan hemat waktu. Cara terbaik meningkatkan keterampilan Anda melakukan presentasi >> www…
10. Jadi kenapa? Lantas? Terus?
Pisau kami paling tajam. Lantas? Sehingga, Anda bisa memotong lebih cepat dan menghemat waktu tentunya. >> www…
11. Buat daftar
Inilah 5 cara menurunkan berat badan tanpa kelaparan >> www…
12. Awareness – Comprehension – Conviction – Action (ACCA)
Awareness – Tampilkan situasi atau masalahnya
Comprehension – Bantu pembaca untuk memahami bagaimana masalah tersebut mempengaruhi mereka. Jelaskan bahwa Anda bisa memberi solusi.
Conviction – Buat keinginan dan keyakinan pada pembaca untuk memakai solusi Anda.
Action – Call to action
Bagaimana cara sebagian profesional mendesain slide presentasi mereka tetap keren di sela-sela kesibukan mereka? Koleksi template PowerPoint MasterPresentasi.com. Bergabung dengan mereka sekarang. >> www…
13. The 1 – 2 – 3 – 4 Formula for Persuasive Copy
1. What I’ve got for you
2. What it’s going to do for you
3. Who am I?
4. What you need to do next
Pukau audiens Anda dengan template PowerPoint keren ini. Gratis bagi pembaca MasterPresentasi.com… >> www….
14. The Approach Formula
Arrive at the problem – tunjukkan masalahnya
Propose a solution – usulkan solusi
Persuade the reader why your solution will work – yakinkan bahwa solusi Anda akan berhasil
Reassure that you and your solution can be trusted – yakinkan kembali
Orchestrate an opportune opportunity to sell – ciptakan kesempatan yang tepat untuk menjual
Ask for the order (or response) – minta respon atau pembelian
Teknik ini biasanya dipakai oleh telemarketer. Untuk sampai di bagian akhir diperlukan tahapan-tahapan untuk membentuk kepercayaan orang.
Untuk di sosial media perlu penyesuaian mengingat beberapa menerapkan pembatasan karakter.
Membuat slide presentasi yang memikat perlu waktu. Kecuali Anda sudah memiliki koleksi template dari MasterPresentasi.com. Banyak profesional yang telah menggunakannya. Anda pun bisa menjadi bagian dari mereka. Miliki segera di sini >> www…
15. Write to a person
Good advertising is written from one person to another.
Quote di atas berasal dari Fairfax Cone, seorang ahli copywriting.
Temukan siapa pembaca ideal atau potensial Anda (gunakan buyer persona) dan menulislah untuk mereka.
Ingin meningkatkan penjualan dengan content marketing? Temukan caranya di sini >> www…
Nah, demikianlah 15 teknik copywriting yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan klik di media sosial.