Email Marketing

Definisi Email Marketing

Berdasarkan penjelasan dari Wikipedia definisi email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email.
Sedangkan dari ilustrasi di atas, pengertian email marketing adalah sebuah rangkaian kegiatan pemasaran digital yang dimulai dari mengumpulkan email , dilanjutkan dengan melakukan pengiriman email secara masal, yang berisi informasi produk atau promo, yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama maupun pembeli baru.
Ada beberapa langkah menjalankan Email Marketing, diantaranya :

 berlangganan layanan email marketing

Untuk bisa menjalankan email marketing dengan mudah dan efektif Anda perlu berlangganan layanan email marketing terlebih dahulu. Alur ini merupakan aktivitas pertama sebelum berlanjut ke alur berikutnya.
Mungkin Anda bertanya apakah harus berlangganan layanan email marketing? Jawaban saya adalah Anda tidak harus. Anda masih bisa mengiriman email dengan email biasa. Akan tetapi bila email yang akan Anda kirimkan ditujukan untuk ratusan atau ribuan orang, maka cara manual tidak akan bisa efektif. Yang terjadi adalah akan membuang waktu Anda karena harus input satu per satu alamat emailnya. Belum lagi kemungkinan masuk ke spam sangat tinggi apabila Anda mengirimkan email ke banyak alamat tanpa menggunakan layanan email marketing.
Untuk penyedia layanan email marketing sendiri ada banyak pilihan. Anda bisa pakai yang dari luar negeri atau yang dari dalam negeri. Kalau yang dari dalam negeri Anda bisa berlangganan di KIRIM.EMAIL. Mengenai fitur dan keunggunalan yang kami tawarkan, Anda bisa melihatnya di

 lead magnet

Pada dasarnya no HP dan alamat email merupakan hal yang bersifat pribadi. Maka jarang sekali ada orang mau memberikan alamat email dan no HP nya ke sembarang orang apalagi ke orang yang belum dikenal.
Maka untuk bisa mendapatkan alamat email tau no HP orang lain perlu sesuatu yang bernilai. Dengan sesuatu yang bernilai itu maka orang lain akan secara suka rela memberikan no HP dan alamat emailnya. Sesuatu yang bernilai itulah yang kita sebut sebagai lead magnet.
Sebenarnya ada banyak sekali jenis lead magnet yang paling umum digunakan oleh para email marketer. Namun pada artikel ini saya mmberikan 3 jenis lead magnet saja untuk Anda. Hal ini saya lakukan supaya Anda tidak terlalu banyak memilih lead magnet. kalau terlalu banyak memilih biasanya malah gak jadi milih. Untuk itu semakin sedikit pilihannya, semakain cepat Anda memutuskan.
1. Ebook
Yang paling sering digunakan oleh para email marketer sebagai lead magnet adalah Ebook. Ebook dipilih karena dalam proses pembuatannya tidaklah terlalu sulit, tidak banyak memakan waktu dan bisa menampung banyak konten.
Namun perlu Anda ingat, ternyata lead magnet berupa Ebook juga ada sisi negatifnya. Yaitu orang-orang menganggap sebuah ebook itu tidak bernilai sehingga mereka tidak mau mendaftarkan emailnya.
Maka dari itu, Jika Anda memilih ebook sebagai lead magnet, maka mau tidak mau Anda harus membuat ebook yang memenuhi 2 syarat berikut ini :
  • Topiknya benar-benar bermanfaat
  • Desain cover dan halaman yang menarik
2. Kupon diskon
Kalau Anda adalah pemilik toko online, lead magnet yang satu ini mungkin pilihan yang paling tepat. Hal ini dikarena mudah dalam pengaplikasiannya.
Tidak sedikit platform toko online yang sudah memasukkan fitur ini ke dalam paket yang mereka tawarkan. Tidak perlu ribet, Anda cukup menulis kode kuponnya dan selesai.
3. Checklist atau cheatsheet
Misalkan anda ingin membuat lead magnet tentang memasak seafood.
Biasanya sebelum memasak, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Seperti memotong sayuran, menyiapkan bumbu, menyiapkan peralatan dan lai sebagainya.
Itulah isi dari checklist yang Anda buat. Checklist ini berupa 1-2 lembar (bisa dalam format PDF) yang isinya berbagai hal atau langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pembaca.
Checklist tersebut harus bisa dicetak oleh pembaca agar mereka bisa memegangnya sehingga tidak ada persiapan yang terlewat.

 email broadcast dan email autoresponder

Alur yang terakhir adalah melakukan broadcast email dan email autoresponder. Setelah list Anda terkumpul Anda perlu menjalin komunikasi dengan para subscribers Anda. Subscribers adalah sebutan bagi orang-orang yang sudah memberikan emailnya kepada Anda.
Caranya adalah dengan mengirimkan email ke semua list email Anda. Cara ini yang kita sebut sebagai email broadcast.
Sedangkan email autoresponder lebih mengarah ke email berseri. jadi ketika Anda sedang tidur atau mungkin sedang bepergian, email bisa secara otomatis terkirim.
Khusus untuk email autoresponder ada perlakuan khusus karena berjalan secara otomatis. Maka dari itu Anda perlu memastikan konten yang Anda berikan bisa memberikan hasil yang optimal kepada Anda.
Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Dan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

 Terima Kasih & Selamat membaca☺☺☺

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit