Marketing Campaign Management Tools
Kampanye pemasaran memandu iklan Anda,
hubungan masyarakat, promosi, dan upaya penjualan lainnya berdasarkan strategi
penjualan perusahaan Anda. Meskipun rencana pemasaran harus mencakup penelitian
untuk membantu meningkatkan peluang Anda untuk sukses, upaya awal Anda masih
akan didasarkan pada tebakan terbaik Anda, dan Anda harus mengelola kampanye
Anda untuk melihat cara kerjanya dan menyesuaikannya, jika perlu. Dengan
menggunakan berbagai alat, Anda dapat secara efektif memantau kampanye Anda
untuk memandu keberhasilannya.
4 alat mengenai artikel
terkait :
1 Bagaimana Kampanye PR Mempengaruhi Fungsi Pemasaran?
2 Kembangkan Anggaran Rencana Pemasaran
3 Alat Pemasaran Perusahaan
4 Gunakan Facebook untuk Meledakkan Bisnis
Alat paling efektif untuk mengelola kampanye pemasaran adalah rencana pemasaran Anda. Rencana pemasaran berisi penelitian yang membantu membentuk target pelanggan Anda, harga, strategi distribusi dan merek. Setiap kali Anda meninjau iklan, penjualan, rabat, lokasi baru, promosi, atau upaya pemasaran lainnya, lihat dalam konteks rencana pemasaran Anda untuk memastikannya sesuai dengan strategi utama Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kesempatan untuk mensponsori lari 5K wanita dengan harga yang sangat rendah, tetapi audiens target Anda adalah senior atau keluarga, rencana pemasaran Anda akan memberi tahu Anda bahwa 5K bukan alat pemasaran yang baik untuk Anda.
Kampanye pemasaran Anda harus meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, termasuk halaman spesifik yang berisi informasi, produk atau layanan yang Anda promosikan. Bekerja dengan webmaster Anda untuk menginstal program statistik yang memungkinkan Anda mengetahui berapa banyak orang mengunjungi situs Anda, halaman apa yang mereka lihat dan data informatif lainnya. Gunakan program statistik yang datang dengan paket hosting Anda, jika termasuk itu, atau gunakan program gratis seperti Webtrends atau Analytics. Produk media sosial, seperti halaman bisnis Facebook, memungkinkan Anda melacak kunjungan ke halaman Anda dan berapa banyak orang yang merujuk Anda ke teman.
Melacak penjualan berarti lebih dari sekadar melihat kenaikan atau penurunan. Anda dapat mengelola kampanye pemasaran Anda dengan melacak penjualan berdasarkan lokasi, jenis produk, tanggal dan data lainnya yang menunjukkan bagaimana iklan tertentu, promosi atau upaya lain memengaruhi penjualan Anda. Gunakan perbandingan tahun-ke-tahun untuk melacak pengaruh kampanye pemasaran Anda secara keseluruhan dan analisis yang lebih bertarget untuk melihat bagaimana upaya komunikasi dan promosi tertentu bekerja. Kelola upaya pemasaran Anda menggunakan data ini dengan menghilangkan program yang tidak meningkatkan penjualan dan meningkatkannya.
Surveys
Setelah Anda memperkenalkan produk baru, promosi atau kampanye iklan, lakukan survei terhadap pembeli dan pelanggan potensial untuk mempelajari reaksi mereka terhadap upaya pemasaran Anda. Lakukan ini dengan survei telepon, kontes situs web yang memberikan hadiah atau kelompok fokus kecil. Program gratis seperti Survey Monkey memungkinkan Anda mengelola survei online pendek, mudah digunakan, dan mudah disortir.